Tutorial efek teks lampu dengan photoshop

Advertisement
Tutorial Efek Teks Lampu di Photoshop
Photoshop ?, Tentu semua orang kenal dengan software itu.Photoshop adalah software yang digunakan untuk meng-edit foto/gambar dan juga photoshop bisa menghasilkan uang jika kita mahir.Kali ini saya akan berbagi trik tentang photoshop yang sangat mudah.

Detail tutorial

Tingkat kesulitan : Pemula
Software yang digunakan : Adobe Photoshop CS 6 (bisa semua versi)
Materi yang dipelajari :
Lama pembuatan : 20 Menit

Resource

Tutorial Photoshop

Langkah 1 : Membuat lembar kerja baruBuka photoshop yang telah terinstall pada komputer kamu. Lalu buat document baru dengan menekan Ctrl + N atau File > New dan buat lembar kerja yang cukup besar dan isikan dengan warna hitam.

Tutorial Efek Teks Lampu di Photoshop
Langkah 2 : Menambah bola lampuAgar efek teks ini lebih realistik mari kita menambah sebuah foto bola lampu yang telah saya sediakan dibagian resource. Buka foto tersebut dan tarik ke lembar kerja yang telah kita buat pada langkah 1.

Tutorial Efek Teks Lampu di Photoshop
Jika terlalu besar, perkecil sedikit gambar lampu tersebut. Caranya dengan memilih Edit > Free transform lalu tarik titik-titik diujung lampu.

Langkah 3 : Menghilangkan sedikit bagian lampuPilih menu Layer > Layer Mask > Reveal All untuk menambah mask pada layer bola lampu lalu pilih Brush tool pada toolbox dan buat brush lembut dengan warna foreground hitam. Lalu brush bagian samping-samping lampu seperti gambar berikut.

Tutorial Efek Teks Lampu di Photoshop
Langkah 4 : Menghapus kawat pijarSekarang kita akan menghapus kawat pijar yang ada pada lampu tersebut. Buat layer baru diatas layer lampu pada panel layer. Pilih Eyedropper Tool pada toolbox photoshop dan seleksi warna orange yang ada pada sekitaran kawat pijar lalu pilih brush tool dengan brush lembut (hardness 0%) untuk menghilangkan kawat pijar yang akan kita gantikan dengan teks nanti.

Tutorial Efek Teks Lampu di Photoshop
Langkah 5 : Menambahkan teksSetelah kawat pijar terhapus, kita akan menambahkan teks. Pilih Horizontal Type Tool dan ketik “light” dengan font yang telah saya sediakan pada kolom resource.
Buat folder baru pada panel layer dan ubah blend mode folder tersebut menjadi Color Dodge. Masukkan layer teks yang telah kita buat kedalam folder tersebut.

Tutorial Efek Teks Lampu di Photoshop
Pilih layer teks, lalu pilih menu Filter > Blur > Gaussian Blur. Disini saya memilih 4 pixels Radius untuk memblur sedikit layer teks.

Tutorial Efek Teks Lampu di Photoshop
Tutorial Efek Teks Lampu di Photoshop
Langkah 6 : Menambah efek pada teksBuka gambar Eclipse yang telah tersedia dibagian resource, lalu masukkan dan tempatkan diatas folder teks yang telah kita buat untuk menambah lens flare asli dari sebuah gambar.
Pilih menu Image > Adjustments > Desaturate untuk membuatnya menjadi hitam putih dan hapus bagian yang tidak penting dengan Erase tool lembut.

Tutorial Efek Teks Lampu di Photoshop
Ubah blend mode gambar eclipse tersebut menjadi Screen sehingga warna hitam otomatis akan hilang dan menghasilkan gambar yang bagus seperti berikut.

Tutorial Efek Teks Lampu di Photoshop
Langkah 7 : Menambah efekTekan D pada keyboar untuk mengeset warna foreground menjadi hitam dan background menjadi putih. Lalu layer baru dan pilih menu Filter > Render > Clouds sehingga akan terbuat foto clouds hitam putih.
Ubah lagi blend mode layer ini dengan Color Dodge. Buat lagi sebuah folder pada panel layer dan masukkan layer yang telah kita beri efek Render clouds ke folder ini. Lalu ubah Blend mode folder yang berisi layer Clouds menjadi Overlay.

Tutorial Efek Teks Lampu di Photoshop
Masih pada folder yang sama, buat layer baru (Ctrl + Shift + Alt + N) dan tempatkan dibawah layer Clouds yang barusan telah kita buat. Pilih brush tool dan setting dengan hardness 0%. Buat warna foreground menjadi #f5d38b dan warnai untuk menambah kesan bercahaya pada teks. Ubah juga Blend mode layer ini menjadi Overlay.

Tutorial Efek Teks Lampu di Photoshop
Buat lagi layer baru diatas semua layer. Pilih brush tool dan setting menjadi brush besar dengan hardness 0% dengan warna putih sebagai foreground. Gambarkan spot putih ditengah-tengah efek teks tersebut lalu pilih Layer > Layers Styles > Color Overlay. Pilih warna menjadi #ffd648 dan Linear Burn agar cahaya lampu lebih kuat.
Berikut hasil yang telah kita buat dengan mengikuti tutorial ini.

Tutorial Efek Teks Lampu di Photoshop
Nah, Gimana Mudah Kan ?Ini mah tingkat pemula jadi mudah :D .Oke deh semoga bermanfaat postingan kali ini yaaa :D.
Sekian dan Semoga bermanfaat...

Resource : http://www.f-photoshop.com/2013/12/tutorial-efek-teks-lampu-dengan.html
Share this article :
+
Apakah Anda menyukai postingan ini? Silahkan share dengan klik di sini
Unknown

Saya hanyalah orang biasa yang menyukai blogging dan mencoba berbagi pengalaman dengan yang lain tentang blogging dan SEO. Semoga bisa bermanfaat.

Follow me on: Facebook | Twitter | Google+
×
Previous
Next Post »
0 Blogger Comment
Facebook Comments

Aturan Berkomentar :
- Dilarang berkomentar menggunakan kata kotor, menghina, atau mengejek.
- Dilarang berkomentar yang mengandung unsur sara, po*no, promo, spam dan sebagainya.
- Dilarang berkomentar berupa link hidup.
- Komentarlah dengan bahasa baku, sopan, dan santun serta sesuai dengan isi postingan.
- Jika komentar tidak sesuai dengan isi postingan atau melanggar peraturan di atas, saya akan langsung menghapusnya.

Terima kasih karena telah mentaati perturan !

Out Of Topic Show EmoticonHide Emoticon

Terima kasih sudah berkomentar
Copyright © 2013. Rite Experience - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger